Selasa, 03 Juni 2014

Pengolahan Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji adalah makanan yang disiapkan segera dalam waktu cepat, mudah disajikan, praktis, diolah dengan cara sederhana, dan layanan cepat sehingga siap disantap segera.

Teknik Pengolahan Makanan Cepat Saji antara lain :

1. Menumis
    Adalah teknik memasak dengan memakai sedikit minyak. Menumis merupakan teknik memasak sayur           yang mudah, praktis, rasa makanan pun tetap lezat dan tidak kehilangan kandungan gizinya. Prosesnya           hanya memakan waktu 3 - 7 menit saja.

2. Menggoreng
    Adalah teknik memasak bahan makanan mentah menjadi makanan matang menggunakan minyak goreng.       Menggoreng dengan medium minyak goreng harus dalam jumlah banyak sehingga bahan yang digoreng         tercelup minyak dan memerlukan waktu kira - kira 6 - 10 menit. Ada juga menggoreng nonminyak. Ada       kegiatan menggoreng menggunakan medum udara panas.

3. Membakar / Memanggang 
    Adalah pemasakan makanan dengan api langsung. 

Burger adalah salah satu makanan yang lezat, yang digemari oleh dewasa maupun anak-anak. Tak perlu repot-repot pergi ke restoran atau tempat makan lainnya, anda bisa membuatnya sendiri dengan mudah di rumah. Nah, jika anda ingin membuat sendiri burger di rumah anda, coba resep dan cara membuat burger sederhana, isi daging berikut ini.

Bahan Burger :
Roti Burger, 5 buahDaging Burger, 5 buah @ 75grLettuce, 75  grBawang bombay, 1 buah di potong kecil 0.5 centi meterMentimun, 1 buah di potong kecil 0.5 centi meterTomat, 1 buah, di potong kecil 0.5 centi meterKeju sliced 5 lembarSaus Mayonaise, 5 sdm 1 sdmSaus sambal pedas, secukupnyaSaus tomat, secukupnyaMargarin, secukupnya
Cara membuat Burger :
Ambil satu buah Roti Burger, belah secara simetris.Panaskan penggorengan datar anti lengket, berikan margarin secukupnya. Panggang roti dan daging burger sampai matang serta kecoklatan. Angkat.Buka belahan rotinya, olesi bagian atas roti menggunakan mayones 1 sdm dan saus tomat.Tumpuk di dalamnya lectuce 15 gr, bawang bombay, tomat potong dan mentimun.dan daging burger yang telah matang di panggang.Masukan pada roti bagian bawah daging burger yang telah matang di panggang, tambahkan 1 lembar keju. Katupkan roti bagian bawah ke roti bagian atas.Sajikan hangat dengan saus tomat atau saus sambal.
Untuk 5 porsi Burger


Sumber: http://infodari.com

             http://www.ukmkecil.com/
             Buku Pelajaran Prakarya kelas 7 kurikulum 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar